Self Awareness 2

Hari ini hari ke-2 Kelas Bunda Sayang. 
Kami diminta menceritakan Self Awareness yang berpengaruh pada pola pengasuhan masa kecil. 


1. Apa yg ibumu sering katakan tentang dirimu? 
- Mama sering bilang kalau aku itu aneh, karena aku sering bertanya tentang hal hal yg detil dan sering memiliki ide diluar dugaan yg kalau mama bilang, aku tidak umum seperti orang lain. Misalnya seperti gaya berpakaian, pilihan karir, dan pola pikir. Menurutku aku nyaman dengan apa yg kupakai, aku nyaman dengan pilihanku, dan aku nyaman dengan apa yg aku fikirkan. Tapi Mama suka membandingkan dengan orang lain, sehingga aku disebut aneh dan tidak umum. 
- Mama sering bilang kalau aku lenjeh (genit) saat aku kecil, padahal aku hanya mencoba mengekspresikan diri. Seperti sering bercermin, sering menyisir rambut, sering menati kecil. Tapi aku disebut lenjeh, yg menurut ku kata tersebut konotasi negatif. 
- Mama dulu sering bilang aku seperti laki-laki dalam hal berpakaian (karena aku nyaman menggunakan celana), pilihan kesukaan (aku senang hal yg menantang), rasa ingin tau ku terkait hal sains seperti fisika, kelistrikan, yg kata mama itu adalah hal yg berkaitan dengan laki-laki. Padahal aku suka. 
- Mama sering bilang waktu kecil aku itu lucu. 
- Mama sering bilang kalau mama bersyukur memiliki anak yg cerdas-cerdas
- Mama sering bilang aku itu saudagar kaya, haha.. Aamiin. Ini yg aku suka. 

2. Apa yg ayahmu sering katakan tentang dirimu? 
Bapa jarang berkomentar terkait diriku. Bapa selalu mendukung dan percaya pada diriku.

3. Apa yg pengasuhmi sering katakan pada dirimu? 
Sewaktu kecil aku diurus oleh beberapa pengasuh yg berganti-ganti. Kadang saudara, kadang pengasuh ART. 
Yg aku ingat mereka sering mengatakan kalau aku itu:
- pintar (alhamdulillah) 
- keriting (aku di label seperti ini karena rambut ku yg sulit ditata rapi) 
- pecicilan (karena aku memang waktu kecil tidak bisa diam) 


#tantanganzona1
#bundasayang8
#institutibuprofesional
#ibuprofesionaluntukindonesia
#bersinergijadiinspirasi
#ip4id2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melatih Kemandirian Anak (H1)

Institute Ibu Profesional - Merdeka Belajar - Membuat Peta Belajar

Melatih Kemandirian Anak (H2)